Puncak Arus Balik Terjadi di Pelabuhan Tering, Kebanyakan Warga Mahulu Pilih Jasa Angkutan Speed Bout

Puncak Arus Balik Terjadi di Pelabuhan Tering, Kebanyakan Warga Mahulu Pilih Jasa Angkutan Speed Bout
Peristiwa Daerah
Nampak angkutan penumpang kapal cepat atau speed bout saat memuat penumpang di Pelabuhan Tering Kubar menuju Mahulu

KUTAI BARAT – Puncak arus balik melalui angkutan sungai menggunakan kapal cepat atau Speed Bout di Dermaga Pelabuhan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dari dan menuju Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) ramai dipadati penumpang, Minggu (9/6/2019).

Secara bergiliran, puluhan armada taxi speed bout memuat penumpang setelah mendaftar di petugas pelabuhan setempat. Kepadatan tersebut tak lepas dari meningkatnya jumlah pemudik pada libur lebaran, dan kembali masuk kerja pada Senin besok, bagi para pegawai maupun tenaga honorer di kepemerintahan Mahulu.

“Hari ini merupakan puncak arus balik jalur sungai ke Mahulu. Bisa kita lihat, puluhan speedbout dipenuhi penumpang dan barang bawaannya. Masing masing speed bout berpenumpang 18 hingga 20 orang,” ungkap salah satu petugas loket saat ditanya media ini, di pelabuhan tering.

Diakui Sopian, salah satu matoris speed bout yang stanbay dengan nomor antrean 20 armadanya itu mengungkapkan, bahwa kepadatan arus balik terjadi pada Jumat (7/6) kemarin.  Kata dia, sebelumnya di hari biasa, warga yang menggunakan jasa angkutan sungai (speed bout) hanya sedikit.

“Biasanya paling banyak 15 orang speed bout kita sudah berangkat, karena tak tahan menunggu berjam jam untuk tambahan penumpang yang akan kita angkut. Hari ini antrean masing masing speed bout paling lama 1 jam sudah berangkat,” terangnya.

Sementara Heri Bertus Hajang salah satu penumpang yang juga warga Mahulu mengatakan, puluhan armada speed bout stanbay di pelabuhan Tering Kubar maupun di Ujoh Bilang Mahulu yang siap mengangkut penumpang setiap harinya. Hal itu karenakan banyak warga memilih transportasi jalur sungai ketimbang transportasi darat. Kata dia, disebabkan jalan darat Kubar ke Mahulu mengalami kerusakan yang sangat parah.

“Jalan darat Kubar - Mahulu mengalami kerusakan yang sangat parah, sehingga warga penumpang maupun karyawan perusahaan, banyak memilih jasa angkutan speed bout. Setiap tahun saya bersama anak istri merayakan Idul Fitri dengan kelurga di Kubar. Ketika mudik kita selalu gunakan transportasi sungai, karena ruas jalan penghubung dua kabupaten itu tak dapat kita lalui,” pungkasnya. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar