Jadwal Penerbangan Berubah, Bandara Melalan Kubar Belum Ada Lonjakan Penumpang

Jadwal Penerbangan Berubah, Bandara Melalan Kubar Belum Ada Lonjakan Penumpang
Peristiwa Daerah
Nampak aktifitas kedatangan penumpang pesawat komersile seperti biasa di Bandara Melalan Kubar

KUTAI BARAT - Jelang arus mudik lebaran di Bandar Udara (Bandara) Melalan Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), masih belum ada lonjakan penumpang, baik kedatangan maupun keberangkatan. Diprediksi lonjakan penumpang di bandara tersebut, baru terjadi H-5 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, pada Juni mendatang.

“Ya, dari kemarin sampai hari ini belum ada lonjakan penumpang baik tujuan ke wilayah Balikpapan maupun Samarinda . Karena data perbandingan bisa dilihat peningkatannya pada H-7 arus mudik lebaran pada tahun 2018 lalu,” ungkap Kepala Bandara Melalan Kubar Sumariyanto, saat dikonfirmasi media ini, (Jumat/31/5/2019).

Ditanya tentang keadaan cuaca buruk dalam sepekan ini melanda Ibukota Sendawar. Sumariyanto mengatakan, akibat cuaca buruk pada 23 Mei lalu, pesawat Xpressair dengan rute penerbangan Balikpapan ke Sendawar Kubar harus kembali atau dikenal dengan istilah Return to Base, ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

“Saat cuaca buruk pesawat Xpressair dengan nomor penerbanan XN 612 saat itu sempat return to base, karena jarak pandang di bawah minimum yang disertai hujan lebat, sehingga sebelum sampai ke Bandara Melalan Kubar, pilot memutuskan kembali ke bandara asal,” beber Sumariyanto.

Setelah kondisi dianggap memungkinkan, pesawat baru terbang kembali di keesokan harinya. Meski cuaca ekstrem, kata dia, jika standar jarak pandang 5 kilometer, maka rute penerbangan pesawat dipastikan tetap beroperasi normal.

“Tahun ini jadwal penerbangan pesawat komersial dari Bandara Melalan Kubar, Balikpapan dan Samarinda berubah. Hal itu disebabkan ada pemeliharaan penerbangan, sehingga pesawat jenis ATR 42 itu dijadwalkan hanya empat kali penerbang dalam seminggu, yang dulunya biasa terbang setiap hari,” imbuh Sumariyanto.

Untuk diketahui, saat ini Bandara Melalan Kubar melayani tiga rute penerbangan pesawat komersile, sesuai dengan status bandara pengumpan untuk mengantar pada bandara pengumpul, yang melayani tiga armada penerbangan yaitu, Pesawat Xpressair, Susi Air dan Air Fast merupakan penerbangan sesuai schedule yang diperlukan pencarter. 

“Ada tiga pesawat komersile yang dilayani Bandara Melalan Kubar. Kemudian untuk pesawat Susi Air melayani penumpang ke Bandara Datah Daway di Mahakam Ulu dengan jadwal penerbangan setiap hari Senin dan Jumat, kemudian pesawat Air Fast biasa digunakan pihak perusahaan sebagai pesawat carteran,” pungkasnya. (Alfian Nur)
  
 


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar